Singkat Cerita Tentang Danau Toba

Misty Lake Toba - by Safruddin Alwi
Danau toba yang sudah kesohor sebagai salah satu destinasi wisata paling favorit di Indonesia kaya dengan daya tarik. Dengan luas lebih dari 1000km2 Toba menjadi salah satu danau terbesar di dunia. Toba terbentuk oleh letusan gunung api yang sangat besar ribuan tahun sebelum masehi, yang kemudian membentuk kawah danau Toba. Uniknya di tengah danau terdapat sebuah pulau bernama Samosir. Saya yakin destinasi wisata yang sudah populer ini menyimpan banyak hal menarik, namun dengan kunjungan saya yang singkat, kurang dari 24 jam ini hanya membuahkan cerita singkat tengan Toba.
Budaya Batak di Pulau Samosir
Saya berkunjung ke Kota Medan dalam rangka business trip kerjasama bilateral Indonesia-Malaysia. Sebagian besar waktu tersita di Kota Medan. Atau lebih tepatnya waktu habis di kantor dan hotel. Dan beruntungnya salah satu agenda kegiatan kami adalah memperkenalkan obyek wisata Danau Toba kepada sejumlah delegasi dari Malaysia. Setelah menempuh perjalanan darat kira-kira 5 jam kami sampai di Hotel Inna Parapat. Hotel ini bukan yang termewah namun kami pilih dikarenakan alasan historis. Inna parapat pernah digunakan untuk menggalang kerjasama militer Indonesia-Malaysia. Dalam perjalanan dari tepian dana toba ke pulau samosir di tengah danau sana pemandu wisata membagi banyak ceritera yang merupakan akar budaya batak di pulau samosir. 
Perjalanan ke Pulau Samosir
Perjalanan kami ke Samosir sempat singgah sebentar di Batu gantung yang menceritakan kisah seorang anak gadis dan peliharaannya yang hendak mengakhiri hidupkan dengan melompat ke danau yang curam. Singkat kisah upaya anak gadis tersebut digagalkan akar pohon. Kelak tubuhnya menjadi dua batu yang menggantung di tebing tersebut. Kapal wisata kami pun berlanjut ke dermaga pulau Samosir. Berjalan kaki sebentar menuju kampung adat rombongan kami langsung disambut dengan musik tradisional batak. Alat musik sederhana yang terdiri dari gendang, seruling, dan hasapi. Jauh sebelum akhirnya ke danau toba musik seperti ini sudah sangat akrab ditelinga saya dan selalu diidentikkan dengan Batak. Namun ini kali pertama mendengarkannya secara "live".
Musik Tradisional Samosir
Sembari rombongan yang lain sibuk belajar tari tor-tor dan meneriakkan horas, saya lebih tertarik dengan ceritera sigale-gale. Budaya batak banyak sekali diekspresikan dalam bentuk patung. Konon menurut sang pemandu hal tersebut dikarenakan di zaman dulu tidak ada media visual seperti foto untuk mengabadikan, dan masyarakat batak lebih memilih mengabadikan rupa seseorang melalui patung. Singkat cerita tentang sigale-gale ini, konon ada seorang raja yang memiliki putera yang sangat disayanginya. Sayang sekali putera raja tersebut tidak berumur panjang dan wafat di usia yang masih muda. Untuk mengobati kerinduan sanga ayah maka dibuatlah patung sigale-gale ini. Sebenarnya dulu patung sigale-gale hanya disimpan di dalam peti dan hanya dibuka oleh raja ketika ingin mengenang sang putera. Namun saat ini patung sigale-gale menjadi salah satu atraksi budaya, dibuat sedemikian rupa sehingga dengan bantuan seorang dalang yang mengatur gerakan dengan tali sigale-gale tampak seperti menari.
Kisah Sigalegale
Budaya batak sangat menjaga tradisi dan menjaga garis keturunannya. Mungkin hal itulah yang menyebabkan orang suku batak memiliki perawakan yang khas. Bentuk wajah dan ciri-ciri fisiknya memiliki beberapa kesamaan. Seperti pemain alat musik hasapi ini, he look soo familiar.
Pemain Hasapi, Gitar Tradisional Batak
Kunjungan yang sangat singkat ke danau toba memberi kesan yang mengundang saya ingin datang kembali. Di lain waktu saya tertarik untuk mengenal sisi lain budaya dan alam danau toba. Menghamburkan shutter untuk mengabadikan alam nan cantik ini.

Share this:

8 komentar

  1. You are sharing very valuable content. Your site can go viral
    easily. You need initial boost only. I know how to do it,
    simply search in google:
    Juuri13 wp SEO

    Also visit my webpage :: Bradford

    BalasHapus
  2. I like the helpful information you provide in your articles.
    I'll bookmark your blog and check again here regularly. I'm quite certain I'll learn many new
    stuff right here! Good luck for the next!

    Visit my homepage :: Jed

    BalasHapus
  3. Very nice article, just what I needed.

    Also visit my page ... preparat na wypadanie włosów

    BalasHapus
  4. I think this is among the most vital information for me.
    And i am glad reading your article. But wanna remark on some general things, The website
    style is ideal, the articles is really nice : D. Good job, cheers

    Feel free to visit my web-site ... Dacia

    BalasHapus
  5. Interesting article. You should use social sites to increase traffic and make your site go viral.
    There are tools which automate this time consuming process.Visitors can flood
    your blog in no time, just search in google for:
    Rixisosa's Social Automation

    Also visit my weblog :: Eli

    BalasHapus
  6. I couldn't refrain from commenting. Exceptionally well written!

    my web-site; bounce plugin

    BalasHapus
  7. Hello, Neat post. There is an issue along with your
    website in internet explorer, would test this? IE still is the marketplace leader and a
    large element of people will pass over your magnificent writing
    due to this problem.

    Feel free to surf to my blog http://viagraonline2015shopusa.com/

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Fadly medan transport MENYEDIAKAN pakej tour fullboard 4d3n muslim berbaloi dan mewah
    Call to whatsapp langsung
    +6281376455045
    Email:Julfadlysiagian@gmail.com
    NO PAYMENT NO AGENT
    Tanpa orang tengah

    BalasHapus