Pesona Pantai Kawasan Wisata Lagoi

Kawasan wisata pantai Lagoi, objek wisata yang cukup populer di Kepulauan Riau namun sayang kebanyakan orang justru belum pernah ke sini atau bahkan belum tahu keberadaanya. Bukan karena kurang promosi, namun karena kawasan wisata ini dibangun dan dikerjasamakan dengan pihak asing. Karena itu Lagoi lebih banyak dikunjungi wisatawan asing, Di samping karena memang kunjungan wisatawan lokal dibatasi. Masuk ke kawasan ini lebih mirip masuk ke kawasan bandara atau fasilitas militer. Ada pemeriksaan berlapis (setidaknya ada tiga pos pemeriksaa) dan anda harus menunjukkan kartu identitas, namun tidak semua resort mengijinkan wisatawan lokal untuk masuk.
Pantai Nirwana Garden, di kawasan wisata Lagoi
Secara administratif lagoi berada di kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Bagi anda pengunjung dari luar Kepri anda dapat menempuh perjalanan melalui Tanjungpinang maupun Batam, karena bandara hanya ada di dua kota ini. Dari Tanjungpinang anda dapat langsung menempuh perjalanan darat kira-kira 2 jam namun jangan berharap ada angkutan umum yang menuju Lagoi, alternatifnya anda bisa me-rental mobil dengan kisaran Rp200.000-Rp400.000 per hari atau taksi sewaan dengan kisaran Rp150.000-Rp200.000 untuk sampai di Lagoi.
Pelabuhan Telaga Punggur Batam
Anda juga bisa mencapai lagoi melalui Batam, anda hanya perlu ke pelabuhan telaga punggur untuk kemudian naik kapal menuju Tanjungpinang atau yang lebih dekat Tanjung Uban kira-kira 15 menit perjalanan dengan kapal. Dari Tanjung Uban masih memerlukan perjalanan darat selama kurang lebih 45 menit dengan taksi sewaan yang sama.
Moda transportasi antar pulau di Kepri
Ada beberapa hotel dan resort di kawasan lagoi ini, dengan menawarkan fasilitas yang berbeda namun memiliki satu kesamaan, pantai yang mempesona. Kawasan lagoi ini berada di tepi atas pulau Bintan yang terdiri dari teluk-teluk pantai berpasir putih. Sebagian pantai berbentuk teluk tersebut mengarah ke barat dan timur, dan sangat mengesankan untuk menyaksikannya disaat sunset dan sunrise. Bahkan ada beberapa villa yang dibuat cukup dekat dengan garis pantai, sehingga anda hanya perlu keluar ke beranda depan untuk menikmati semburat langit yang berubah warna.
Menikmati Sunset di Lagoi
Anda akan menyesal jika melewatkan saat-saat sunrise di Lagoi terutama jika anda menginap di Nirwana resort atau Bintan Lagoon. Di waktu pagi air laut surut cukup jauh yang membuat pasir pantai tampak sangat luas. Berjalan di tepian pantai anda bisa menemukan kerang-kerang laut yang ditinggalkan arus laut serta alur-alur air yang terbentuk oleh laut yang sedang surut. Dan tunggu sekejap saat matahari mulai menampakkan diri dari balik ujung teluk pantai di sela-sela jejeran pepohonan kelapa.

Nyiur Melambai di Nirwana Lagoi
Untuk bisa menyaksikan sunset anda harus melakukan perjalanan siang hari, cuaca terbaik di sekitar pertengahan tahun sebelum masuk musim penghujan. Di waktu ini intensitas hujan belum cukup sering dan langit tampak biru bersih. Mungkin suatu saat lagoi bisa lebih leluasa dinikmati semua orang, soo enjoy the lagoi.

Tulisan lainnya ada di SINI

Share this:

9 komentar

  1. My place! My island..thx for sharing

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. hi...
    numpang nanya, klo di ferry terminal tanjung uban sana ada mini bus ga ya???
    n hargany sekitar brp ya klo dr sana ke nirwana.
    n klo pake taxi dr tanjung uban ke nirwana jg Rp 200.000?

    BalasHapus
  4. Dari tanjung uban ada taksi non argo, jadi tawar menawar kisarannya 150rb s.d 200rb tergantung lagi ramai atau tidak tp jika menggunakan taksi belum tentu diizinkan masuk kawasan lagoi, sebaiknya pastikan dl dengan supir taksinya beberapa dr mereka sudah biasa antar tamu ke lagoi tp ada jg yang tidak.

    di sekitar pelabuhan ada beberapa rental mobil yg bisa di sewa, avanza kisaran 300rb lepas kunci. Kalau tidak mau repot bisa minta penjemputan dari resort atau gunakan jasa agen wisata di batam yg punya akses ke lagoi, dengan catatan harus booking dl..

    Enjoy your vacation... Salam,

    BalasHapus
  5. jika di urus dengan negara kita mungkin tidak semahal orang bawah pikirkan, mungkin kita perlu memerdekakan lagi untuk merebut kembali keluauan yg sudah dijamahi oleh org2 yg tidak berhak ada disana..

    pejuang NKRI

    BalasHapus
  6. Ahh serius deh kawasan wisata pantai Lagoi bener bener keren.. lebih keren dari Karimun Jawa.. Justru IMO lebih bagus yah kalo tuh pulau belom tersentuh banyak wisatawan, dan serius itu pulau keren banget huhu next trip semoga bisa deh kesana T_T

    BalasHapus
  7. liputan menarik... Lestarikan..

    BalasHapus
  8. Wah pulau bintan bagus banget..wajib dilestarikan
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

    BalasHapus